Monday, May 24, 2010

Yamaha: Xeon Matik Tercepat!

Berkat teknologi balap yang diusung Xeon, Yamaha mengklaim Xeon merupakan matik yang paling tercepat di kelasnya. Hal tersebut disampaikan Presdir PT Yamaha Motor Kencana Indonesia Dyonisius Beti dalam peluncuran motor Xeon di X2, Plaza Senayan, Jakarta.

Menurut Dyon Xeon bisa menjadi matik tercepat karena penerapan teknologi yang beda dibanding motor matik sebelumnya.

"Matik ini berbeda dengan matik Mio sebelumnya, dan ini adalah pelengkap matik Yamaha yang lebih baik dari matik Yamaha lainnya dan juga kompetitor berkat teknologi DiASil Cylinder. Teknologi balap sehingga matik ini tercepat," ujarnya.

Selain menerapkan teknologi balap yang membuat matik ini cepat, di sisi lain Yamaha juga menuturkan tidak membuat motor jadi boros BBM. Xeon hemat dalam mengkonsumsi bahan bakar.

Xeon diluncurkan secara serempak di 3 kota sekaligus. Selain Jakarta, Xeon juga diluncurkan di Bali dan Surabaya. Untuk Jakarta Xeon diluncurkan di X2, Plaza Senayan, Jakarta, Jumat (30/4/2010). Selain itu Yamaha juga menyiapkan pemesanan khusus secara online.

"Pemesanan di kota-kota besar disiapkan secara online sebanyak 200 unit," ujar Presdir Yamaha Motor Kencana Indonesia Dyonisius Beti.

Masyarakat yang mendapatkan Xeon edisi pertama ini bakal memiliki sesuatu yang istimewa yakni striping yang bisa menyala di waktu malam. Jadi selain bodi Xeon yang biasa mereka juga akan mendapatkan bodi tambahan yang memiliki striping yang menyala, tapi itu hanya 100 dari 200 unit yang disiapkan.

Yamaha Xeon 125 mengadopsi liquid cooled yang berfungsi untuk pengatur temperatur sehingga suhu pada mesin diklaim Yamaha tetap stabil.

Selain itu Yamaha Xeon 125 cc juga mengadopsi DiASil Cylinder yang berfungsi menjaga mesin agar tidak cepat aus dan kondisi mesin tetap stabil.

Teknologi DiASil Cylinder juga dapat mempertahankan Forged Piston bertahan lama. Teknologi DiASil Cylinder dan Forged Piston juga dibenamkan pada Jupiter MX 135 cc.

Yamaha menyematkan Throttle sensor pada Xeon 125 cc sehingga selain irit bahan bakar, akselerasi juga lebih baik karena sesuai dengan bukaan karburator dan RPM.

Sedangkan untuk knalpotnya, Yamaha xeon 125 cc mengandung unsur sporty. Dimana disematkan pelindung sengatan panas serta penggunaan katalisator yang berfungsi mengurangi emisi gas buang berlebihan. Dengan adanya itu Yamaha mengklaim Xeon 125 cc sangat ramah lingkungan.

Ukuran bodi Yamaha Xeon 125 cc tidak jauh berbeda dengan Suzuki Skydrive alias hampir sama gambotnya. Dan untuk pemanis tampilan, Xeon juga menggunakan lampu senja di cover stang.


"Kita tidak sekedar mengganti baju baru, mesin juga kita ganti, tidak seperti kompetitor yang hanya ganti baju tapi mesinnya sama. Kita beda, kita ganti semua," ujarnya tegas.


Spesifikasi teknis Xeon

Jenis  4 Langkah, SOHC, Berpendingin Cairan
Volume Silinder 124 cc
Jumlah / Posisi Silinder Cylinder Tunggal / Mendatar
Diameter x Langkah    52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi  10,9 : 1
Pelumasan    Basah
Sistem Bahan Bakar MIKUNI BS 26 x 1
Sistem Pengapian DC C.D.I
Battery  12V, 3.5Ah / YTZ5S
Busi C6HSA (NGK) / U20FS-U (DENSO)
Sistem Starter Electric & Kick Starter
Kapasitas Tangki 4,1 Liter
Transmisi  CVT Otomatis
 Tipe Kopling   Kering, Kopling Sentrifugal
Daya Maksimum   8,05 kW / 8500 rpm
Torsi Maksimum 10,1 Nm / 7000 rpm

No comments:

Post a Comment